5 Kunci Sukses Meniti Karir

Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan pasti mempunyai keinginan untuk menduduki suatu posisi jabatan yang lebih tinggi.

Bahkan Anda juga pasti sudah mempunyai peta jalur karir.

Nah, kali ini blog tipsmanajemen akan memberikan 5 tips bermanfaat yang akan membantu Anda sukses dalam meniti karir.

#1 Berpikir Kreatif
Banyak sekali sebuah organisasi berdiri dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen.

Kebutuhan konsumen untuk berbagi foto dan langsung bisa dibagikan ke media sosial, menciptakan camera phone yang canggih.

Kebutuhan konsumen untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah melahirkan situs-situs online shopping.

Selanjutnya dengan kondisi pasar yang menginginkan adanya solusi dari perusahaan tempat Anda bekerja, maka apakah Anda merupakan bagian dari solusi atau sebaliknya, menjadi bagian dari masalah itu sendiri.

Bila ini yang terjadi maka sulit bagi karir Anda untuk menjadi lebih baik. Atasan Anda pun akan berpikir kembali bila ingin mempromosikan, karena masalah yang Anda timbulkan akan semakin luas. Masalah individu akan menjadi masalah organisasi di kemudian hari.

Atasan dan rekan kerja akan senang bila Anda mempunyai keunggulan yang mampu memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi.”

Maka lupakanlah Anda sebagai bagian dari masalah organisasi. Anda adalah bagian dari solusi. Oleh karena itu Anda perlu menjadi orang yang kreatif.

Anda tentu mengenal slogan think outside the box. Intinya Anda harus kreatif dalam memecahkan masalah. Atasan dan rekan kerja akan senang bila Anda mempunyai keunggulan yang mampu memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Keunggulan dalam berorganisasi ketika Anda menjadi orang yang kreatif adalah adanya kesempatan untuk tumbuh berkelanjutan. Ketika permintaan pasar akan produk yang diproduksi oleh perusahaan Anda mulai menurun drastis, tentu Anda tahu bahwa siklus produk sudah akan berakhir.

Tentunya Anda yang menjadi bagian dalam sebuah sistem dalam organisasi segera mengambil tindakan pada level jabatan yang Anda miliki. Kemampuan Anda ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi catatan karir Anda.

#2 Mencari Pengalaman Baru
Anda sedang berada di lingkungan kerja yamg dinamis, bukan statis. Sehingga apabila bersikeras untuk tetap mengerjakan apa yang selama ini dilakukan, Anda sudah berada di comfort zone. Apabila sudah merasa terlalu nyaman, maka Anda sedang mengubur karir secara perlahan. Sudah saatnya Anda mencari pengalaman baru.

Pengalaman baru ini bisa didapatkan dengan keikutsertaan Anda dalam sebuah tim, mengikuti kegiatan benchmark, melakukan job enrichment dan job enlargement. Ketika berbagai pilihan untuk pengembangan diri sudah tersedia, tinggal Anda mengeksekusinya.

Jika Anda berpikir bahwa apa yang dilakukan itu tidak akan mempengaruhi karir saat ini, maka sejak itulah impian menuju kesuksesan akan sulit diraih.

Bahkan ketika rekan kerja Anda mulai bergeser karirnya karena promosi, Anda hanya mengintipnya melalui bilik kerja dan bergumam, “Biarlah saya cukup disini saja.”

Anda akan mendapatkan pengalaman seperti rekan kerja yang baru, aktivitas yang lebih efektif dan efisien, serta mendapatkan kebiasaan memecahkan masalah melalui brainstorming.”

Ketika akhirnya mengambil pilihan untuk mengambil program pengembangan diri, maka Anda telah mengambil langkah yang tepat menjadi individu sukses yang menjadi bagian dalam sebuah organisasi.

Anda akan mendapatkan pengalaman seperti rekan kerja yang baru, aktivitas yang lebih efektif dan efisien, serta mendapatkan kebiasaan memecahkan masalah melalui brainstorming.

Anda pun akan tercengang bahwa dunia kerja itu luas dan tidak terbatas pada bilik kerja. Bahkan Anda akan terheran-heran pada saat menyadari bahwa bilik kerja bisa diupgrade ke sebuah smart and virtual office.

Jangan berpuas diri dengan keadaan yang Anda miliki saat ini. Anda harus mempunyai keinginan untuk maju. Banyak aktivitas yang memang dipilih karena Anda menyukainya dan mampu menyelesaikannya.

Namun, lebih banyak lagi aktivitas yang Anda mampu tetapi Anda tolak. Hal ini harus segera dirubah melalui pengalaman baru yang akan menjadikan Anda seorang yang mempunyai karir cemerlang karena didukung oleh pengalaman yang mumpuni.

#3 Pertajam Kompetensi
Anda membutuhkan kompetensi tertentu agar karir cepat melesat. Peningkatan kompetensi bisa Anda lakukan dengan meningkatkan pengetahuan melalui aktif dalam seminar, pelatihan dan pendidikan atau dengan membaca buku.

Selain itu Anda juga secara sukarela membantu rekan kerja yang berbeda sub divisi sehingga mampu meningkatkan keahlian Anda dalam melihat situasi secara komprehensif.

Anda juga bisa mencermati bagaimana atasan memimpin sebuah rapat, memecahkan masalah, berhubungan dengan rekan bisnis.

Apabila atasan meninggalkan tempat kerja dalam waktu cukup lama karena tugas, pastikan Anda mengajukan diri untuk mewakilinya.

Apabila rekan kerja membutuhkan bantuan walaupun Anda belum paham bidang tugasnya, ambil kesempatan itu. Anda jangan pernah berpikir bahwa aktivitas ini akan menambah pekerjaan dan tanggung jawab. Apabila demikian Anda tak pernah bisa untuk maju.

Peningkatan kompetensi Anda akan berpengaruh signifikan pada peningkatan karir.”

Ambil kesempatan-kesempatan tersebut. Pada saat Anda mewakili atasan, akan terlihat pekerjaan yang lebih luas, rentang kendali dan tanggung jawab yang lebih besar.

Anda akan berpikir holistik bahwa bukan hanya sub divisi Anda saja yang berperan. Dalam kesatuan sistem, sub divisi lain berperan penting. Saat Anda membantu rekan kerja akan terlihat juga bagaimana sistem pekerjaan berjalan.

Anda pun sekarang tidak lagi dengan mudah menyalahkan sub divisi lain pada saat ada hambatan dalam operasional, tetapi Anda sudah tahu apa persoalan apa yang mereka hadapi. Anda pun berperan sebagai bagian sebuah solusi.

Dengan kompetensi yang memadai, atasan Anda tidak akan ragu lagi untuk mempromosikan diri Anda karena sudah siap ditempatkan pada posisi yang lebih menantang. Peningkatan kompetensi Anda akan berpengaruh signifikan pada peningkatan karir.

#4 Membangun Jejaring
Dalam berkarir Anda akan bertemu dengan beberapa orang yang berhubungan langsung maupun tidak. Apabila dicermati dengan baik, ketika karir Anda terus naik, orang-orang yang awalnya belum berhubungan langsung akan menjadi bagian dari jejaring Anda.

Jangan sampai terjadi, ketika berkenalan dengan orang baru Anda seolah-olah tidak menggubrisnya. Misalnya ada pertemuan dalam suatu bidang yang Anda jalani, tentu yang hadir adalah orang-orang yang mempunyai concern di bidang tersebut. Sehingga jangan pernah dilewatkan kesempatan untuk menambah jejaring. Saat ini mungkin Anda merasa belum membutuhkannya, namun satu hari akan sangat membutuhkannya.

Kelak ketika sama-sama meniti karir bersama jejaring Anda, maka akan mudah menjalin komunikasi dan koordinasi di kemudian hari.”

Setelah Anda berkenalan pastikan menyimpan nomor kontaknya dan membuat sebuah catatan kecil tentang percakapan yang dilakukan. Ini akan membantu untuk melakukan tegur sapa di kemudian hari atau bisa Anda kontak apabila membutuhkan bantuan. Demikian juga sebaliknya ketika mereka menghubungi Anda, sudah tahu topik apa yang akan dibahas.

Misalnya saja ketika Anda membutuhkan virtual office, jejaring Anda bisa merujuk ke Office99.

Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan menolong ketika menghadapi masalah. Dengan adanya jejaring yang Anda miliki, di antara mereka pasti ada yang memiliki kunci solusi masalah yang dihadapi. Hal yang perlu diutamakan dalam menjalin jejaring ini adalah upayakan tidak menghubungi mereka ketika Anda mempunyai masalah saja.

Jangan sampai ada kesan bahwa Anda melakukan kontak hanya untuk meminta tolong. Jaga jejaring tersebut dengan baik, sapa untuk menanyakan sebuah kabar. Kelak ketika sama-sama meniti karir bersama jejaring Anda, maka akan mudah menjalin komunikasi dan koordinasi di kemudian hari.

#5 Menerima Kritikan dan Saran
Anda bisa mendapatkan kritik secara terbuka apabila organisasi tempat bernaung telah menerapkan sebuah kebijakan open communication. Saran akan didapatkan ketika secara sukarela Anda meminta atasan, rekan kerja atau bawahan untuk memberikan feedback.

Kritik maupun saran keduanya baik bagi kesehatan karir Anda, sepanjang mampu diterima sisi positifnya, untuk kemudian Anda gunakan untuk melakukan perbaikan atas apa yang dikritik dan apa yang disarankan.

Anda tidak mempunyai waktu untuk menanggapi komentar-komentar negatif sepanjang waktu produktivitas Anda yang tidak terbatas. Anda tidak perlu berkonfrontir dengan pemberi kritik dan menunjukan betapa hebatnya Anda sehingga punya kuasa untuk berdebat.

Ketika Anda mampu menerima kritikan dan saran yang diberikan, bila dipandang sebagai sesuatu yang positif, akan menutup celah blind spot yang Anda miliki.”

Ketika Anda menerima kritikan tajam, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan instropeksi diri. Catat apa yang disampaikan sang pengkritik.

Pengalaman penulis, beberapa hal yang disampaikan oleh kritikus banyak masukan yang bisa diambil. Anda memang belum terbiasa menerima apabila kritikan tersebut disampaikan tanpa basa basi, di depan orang banyak, straight to the poin. Seolah-olah menjadikan Anda sebagai seorang yang tidak berkompeten. Santai saja. Bagaimana Anda menanggapi kritikan itu, itulah yang menjadi value bagi diri Anda.

Ketika Anda mampu menerima kritikan dan saran yang diberikan, bila dipandang sebagai sesuatu yang positif, akan menutup celah blind spot yang Anda miliki. Misalnya saat melakukan team briefing, Anda dikritik karena memberikan arahan yang terlalu cepat.

Tangkap kritikan ini dengan baik, lalu Anda mencari referensi dan mentor untuk mendapatkan feedback. Dengan cara ini Anda akan mampu meningkatkan kompetensi komunikasi. Ini akan berguna untuk karir Anda selanjutnya.

Demikian 5 Tips bagi Anda sebagai kunci sukses meniti karir: berpikir kreatif, mencari pengalaman baru, pertajam kompetensi, membangun jejaring, dan menerima saran dan kritik.

Semoga bermanfaat.

Gambar: pixabay

18 Replies to “5 Kunci Sukses Meniti Karir”

  1. Selalu berpikir positif dan “continuous improvement” serta solusionis ditambah Network..
    Mantap..
    Jgn lupa berdoa..
    Salam Growth..

  2. Mantap bro.. ulasan cucok banget, kalo mau karir berkembang nomor 4 yg mungkin akan menjadi kendala, sama jangan lupa masalah passion dan motivasi biar semangat kerja ga kendor

  3. Bener sekali Pak Bos..5 tips / langkah td wajib kita lakukan agar kemampuan makin meningkat, karir makin oke..

    Tp ada sebuah firman Allah yg perlu menjadi pegangan utk kita dlm meniti karir :
    “Barangsiapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.” [Asy-Syûrâ/42:20]

    (Read more https://almanhaj.or.id/4260-jadikanlah-akhirat-sebagai-niatmu.html)

    Smoga dgn mengingat firman Allah tsb akan menjadikan tujuan mengejar karir kita dalam track yg benar.. mencari keuntungan pribadi, menjatuhkan org lain demi kepentingannya sendiri.. Smoga kita mnjadi org yg bermanfaat bagi sebesar2nya Umat..

    Sbg self reminder saya pribadi Pak bos & smoga bermanfaat,amiin 😊

  4. “Anda merupakan bagian dari solusi atau sebaliknya, menjadi bagian dari masalah itu sendiri”.
    Key success factor dari kacamata praktisi.